Beranda Kesehatan Cara Mengobati GERD (Asam Lambung) Menurut SehatQ.com

Cara Mengobati GERD (Asam Lambung) Menurut SehatQ.com

37
0

GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah kondisi asam lambung yang kembali naik ke kerongkongan (esofagus). Kondisi ini menyebabkan rasa terbakar dibagian dada. Penyakit asam lambung ini bisa dialami oleh siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak.

GERD disebabkan oleh melemahnya katup (sfingter) yang berada di kerongkongan bagian bawah. Katup ini akan terbuka ketika sehabis menelan makanan serta minuman untuk masuk menuju lambung. Kemudian kstup ini menutup lagi untuk mencegah makanan dalam lambung kembali naik ke kerongkongan.

Akan tetapi bagi penderita GERD, katup ini tidak dapat menutup dengan baik. Akibatnya menyebabkan isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan, dan memberikan rasa nyeri dibagian dada.

Gejala penyakit ini sering diduga seagai serangan jantung, karena gejalanya yang hampi mirip. Namun meski tidak seberbahaya serangan jantung, penyakit asam lambung tetap harus segera diobati supaya tidak menimbulkan komplikasi. Berikut ini beberapa cara untuk mengobati GERD (Asam Lambung) menurut SehatQ.com.

1. Merubah Gaya Hidup
Merubah gaya hidup untuk mencegah terjadinya asam lambung naik kambuhan. Adapun perubahan gaya hidup yang dapat diterapkan diataranya adalah berikut ini.

– Mengurangi atau menhindari makanan pemicu munculnya GERD, seperti kafein dan alkohol
– Mengunyah makanan dengan benar sampai lembut
– Berhenti merokok
– Mengurangi porsi makan tetapi dengan intensitas makan lebih sering
– Tidak mengenakan pakaian yang ketat
– Tidak langsung berbaring setelah makan, berikan jeda waktu beberapa jam
– Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi
– Mempunyai berat badan yang ideal

2. Obat-obatan
Obat-obatan yang dapat diresepkan dokter untuk mengatasi asam lambung naik (GERD) diantaranya adalah sebagai berikut

– Penetral asam lambung
Salah satu obat pentral asam lambung adalah Antasida. Antasida dijual secara bebas, obat ini dapat meredakan gejala penyakit asam lambung dengan cepat.

– Penurun jumlah asam lambung
Jika antasida langsung menetralkan asam lambung secara cepat, obat ini bekerja lebih lambat. Sebab tidak sekadar untuk menetralkan asam lambung melainkan sekaligus menurunkan produksi asam lambung.

Sehingga peradangan di kerongkongan juga dapat membaik. Contoh obat ini adalah antagonis H2 (cimetidine, famotidine, atau ranitidin).

– Prokinetik
Obat ini akan membantu pasien untuk mengosongkan lambung dengan lebih cepat, contoh obat ini adalah metoclopramide atau cisapride.

– Proton pumb inhibitor (PPI)
Biasanya, pengobatan dengan proton pumb inhibitor diberikan oleh dokter selama 6-8 minggu. Setelahnya, penanganan dapat dilanjutkan dengan dosis pemeliharaan selama empat bulan atau hanya saat diperlukan saja.

Dokter yang akan menentukan dosis lanjutan tersebut berdasarkan tingkat keparahan yang dialami oleh pasien. Contoh dari obat proton pumb inhibitor yang bisa dirsepkan oleh dokter diantaranya adalah Omeprazole, lansoprazole, esomeprazole, rabeprazole, dexlansoprazole, dan pantoprazole.

3. Operasi
Jika perubahan gaya hidup dan penggunaan obat-obatan tidak membuat kondisi asam lambung membaik, maka langkah pengobatan yang lainya yang dapat dilakukan adalah dengan cara operasi. Berikut ini jenis operasi yang dapat dilakukan.

– Fundoplication
Fundoplication adalah operasi yang bertujuan mencegah asam lambung naik, dengan mengikat otot sfingter esofagus bawah.

– Pemasangan LINX
Asam lambung naik ketika fungsi katup (sfingter) melemah, oleh karenanya dilakukan pemasangan LINK (alat khusus berupa cincin yang mengandung magnet) di bagian sfingter yang melemah. Otot sfingter akan dibantu oleh Magnet pada LINX yang akan menutup dan mencegah naiknya isi lambung ke kerongkongan.

– Endoskopi
Untuk mengencangkan otot sfingter, Dokter juga dapat menggunakan jahitan melalui prosedur endoskopi.

Itu tadi adalah beberapa cara mengobati penyakit GERD atau asam lambung menurut SehatQ.com. Untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai macam penyakit yang lain, dapat dengan mengakses laman Direktori Penyakit dari website SehatQ.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here